RPP Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran                      : Fisika
Kelas/semester                       : XI/II
Pertemuan ke                                    : 1 dan 2
Alokasi waktu                        : 4 x 45 Menit
Standar kompetensi              : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi dasar                 : 2.1 Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerepannya dalam masalah benda tegar
Indikator :  1.  Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitanya dengan gerak rotasi benda tersebut
                     2.   Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
3.   Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda  tegar

A.   Tujuan Pembelajaran
            Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1.    Mendefinisikan gerak rotasi secara yakin dan benar
2.    Menganalisis gerak rotasi secara cermat dan benar
3.    Menentukan persamaan gerak rotasi secara cermat dan benar
4.    Menganalisis gerak translasi secara cermat dan benar
5.    Menganalisis hukum II Newton secara cermat dan benar
6.    Menentukan konsep momen inersia secara cermat dan benar
7.    Menentukan persamaan momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar secara cermat dan benar

B.   Metode Pembelajaran
1.      Tanya jawab (diskusi)
2.      Penugasan
3.      Ceramah

C.      Langkah-langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan awal
·                                                 Apersepsi : Guru menanyakan kembali konsep hukum II Newton guru  dan menanyakan konsep gerak translasi
·      Motivasi :   Guru bertanya konsep gerak rotasi

2.    Kegiatan inti
a.       Guru menjelaskan konsep gerak rotasi
b.      Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan penuh perhatian dan rasa ingin tahu
c.       Guru menjelaskan persamaan gerak rotasi (torsi)
d.      Guru melakukan demonstrasi mengenai torsi agar siswa memperoleh pemahaman tentang konsep torsi
e.       Siswa memperhatikan dengan penuh perhatian
f.       Guru menjelaskan persamaan torsi
g.      Guru memberikan contoh soal torsi (terutama soal UN)
h.      Guru memberikan soal latihan torsi dan meminta siswa mengerjakannya secara kerja sama dengan teman sebangku
i.        Guru menjelaskan gerak translasi
j.        Guru menjelaskan konsep momen inersia untuk partikel dan benda tegar
k.      Guru memberikan contoh soal momen inersia beserta penyelesaiannya
3.    Kegiatan akhir
Guru bersama siswa membuat kesimpulan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut dan momen inersia

D.   Sumber Belajar
Buku paket Fisika kelas XI dan LKS

E.   Penilaian
·         Teknik : Tes tertulis dan pengamatan sikap
·         Bentuk : Pilihan ganda dan lembar pengamatan
·         Instrumen penilaian (terlampir)












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran                      : Fisika
Kelas/semester                       : XI/II
Pertemuan ke                                    : 3
Alokasi waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar kompetensi              : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi dasar                 : 2.1 Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerepannya dalam masalah benda tegar

Indikator :   4. Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi

A.   Tujuan Pembelajaran
            Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
            1.   Mendefinisikan pengertian momentum sudut secara yakin dan benar
            2.   Menganalisis konsep momentum sudut secara cermat dan benar
            3.      Menentukan persamaan momentum sudut secara cermat dan benar
            4.      Menyelesaikan persoalan momentum sudut secara cermat dan benar
            5.      Menyebutkan hukum kekekalan momentum sudut secara tepat dan benar
            6.      Menganalisis konsep hukum kekekalan momentum sudut secara cermat dan benar
            7.      Menentukan persamaan hukum kekekalan momentum sudut secara cermat dan benar
            8.      Menerapkan persamaan hukum kekekalan momentum sudut dalam menyelesaikan soal secara cermat dan benar

B.       Metode Pembelajaran
             1.                                                     Tanya jawab (diskusi)
            2.                                                      Penugasan
            3.                                                      Ceramah
C.   Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal
Guru menanyakan pengertian momentum linier
2.      Kegiatan inti
a.  Guru menjelaskan konsep momentum sudut
b.  Guru menanyakan pengertian momentum sudut kepada siswa
c.  Guru memberikan kebebasan berpendapat kepada siswa. Siswa menjawab dengan penuh rasa ingin tahu dan antusias
d.  Guru memberikan jawaban yang sebenarnya
e.  Guru menjelaskan persamaan momentum sudut
f.   Guru memberikan contoh soal momentum sudut serta penyelesaiannya
g.  Guru menjelaskan bunyi hukum kekekalan momentum sudut
h.  Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan penuh perhatian dan rasa ingin tahu
i.    Guru menjelaskan persamaan hukum kekekalan momentum sudut
j.    Guru memberikan contoh soal hukum kekekalan momentum sudut dan memberikan bimbingan kepada siswa dalam menyelesaikannya
3.      Kegiatan akhir
Guru bersama siswa membuat kesimpulan konsep hukum kekekalan momentum sudut

D.   Sumber Belajar
Buku paket Fisika kelas XI dan LKS
E.   Penilaian
·         Teknik : Tes tertulis dan pengamatan sikap
·         Bentuk : Pilihan ganda dan lembar pengamatan
·         Instrumen penilaian (terlampir)



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran                      : Fisika
Kelas/semester                       : XI/II
Pertemuan ke                                    : 4
Alokasi waktu                        : 4 x 45 Menit
Standar kompetensi              : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi dasar                 : 2.1 Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar
Indikator :   5. Menerapkan konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari

A.      Tujuan Pembelajaran
            Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1.    Mendefinisikan titik berat secara yakin dan benar
2.    Menerapkan konsep titik berat benda dalam menyelesaikan soal
3.    Menentukan titik berat benda dimensi satu secara cermat dan benar
4.    Menentukan titik berat benda dimensi dua secara cermat dan benar
5.    Menentukan titik berat benda dimensi tiga secara cermat dan benar

B.       Metode Pembelajaran
1.    Tanya jawab (diskusi)
2.    Penugasan
3.    Ceramah
4.    Eksperimen
C.    Langkah-langkah Pembelajaran
             1.      Kegiatan awal
Guru menanyakan, bagaimanakah cara kita menentukan titik berat suatu benda beraturan ? Bagaimana pula jika benda tersebut tak beraturan ?
        2.                                                          Kegiatan inti
a.   Guru menjelaskan pengertian titik berat melalui media pembelajaran (powerpoint)
b.  Siswa memperhatikan dengan penuh perhatian dan rasa ingin tahu
c.   Guru menjelaskan persamaan titik berat untuk benda berdimensi satu secara matematis
d. Melalui media infokus, guru menyediakan gambar benda dimensi satu, lalu siswa diminta menentukan titik berat benda secara cermat dan benar
e.  Siswa menjawab secara mandiri atau kerja sama dengan teman sebangku, dengan penuh rasa ingin tahu, percaya diri, dan tanggung jawab
f.   Guru menjelaskan persamaan titik berat untuk benda berdimensi dua secara matematis
g. Melalui media infokus, guru menyediakan gambar benda dimensi dua, lalu siswa diminta menentukan titik berat benda secara cermat dan benar
h. Siswa menjawab secara mandiri atau kerja sama dengan teman sebangku, dengan penuh rasa ingin tahu, percaya diri, dan tanggung jawab
i.   Guru menjelaskan persamaan titik berat untuk benda berdimensi tiga secara matematis
j.   Melalui media infokus, guru menyediakan gambar benda dimensi tiga, lalu siswa diminta menentukan titik berat benda secara cermat dan benar
k.  Siswa menjawab secara mandiri atau kerja sama dengan teman sebangku dengan penuh rasa ingin tahu, percaya diri, dan tanggung jawab
l.   Guru memberikan soal latihan
2.      Kegiatan akhir
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan konsep titik berat benda yang beraturan
2.      Siswa secara berkelompok membuat laporan hasil eksperimen letak titik berat benda tak beraturan dan dikumpul minggu selanjutnya

 E.  Sumber Belajar
Buku paket Fisika kelas XI dan LKS
 F.  Penilaian
·         Teknik : Tes tertulis dan pengamatan sikap
·         Bentuk : Pilihan ganda dan lembar pengamatan
·         Instrumen penilaian (terlampir)


Mengetahui:


Tim Guru Fisika MAN 1 Pekanbaru :
1.  Alfianri,S.Pd                                                                                             2. Drs. Happy Trisman
3. Emha Delima, M.Pfis                                                                                         4. Tatik Haryanti, S.Pd
5. Khairul Munir, M.Pfis                                                                                                                                      

 
 

        Kepala Sekolah                                                                                                                                                                         
            


   Dra. Hj. Hayatirruh, M.Ed                                                                
NIP : 19680112 199303 2003                                                 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran                      : Fisika
Kelas/semester                       : XI/II
Pertemuan ke                                    : 5
Alokasi waktu                        : 4 x 45 Menit
Standar kompetensi              : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi dasar                 : 2.2 Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :   1.  Memformulasikan hukum dasar fluida statik
2.   Menerapkan hukum dasar fluida statik pada masalah kehidupan sehari-hari

A.   Tujuan Pembelajaran
            Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1.    Menganalisis konsep fluida statik secara cermat dan benar
2.    Menentukan persamaan tekanan hidrostatik secara cermat dan benar
3.    Menerapkan persamaan tekanan hidrostatik cermat dan benar
4.    Menentukan persamaan hukum Pascal cermat dan benar
5.    Menerapkan persamaan hukum Pascal cermat dan benar
6.    Menentukan persamaan hukum Archimedes cermat dan benar
7.    Menerapkan persamaan hukum Archimedes cermat dan benar
8.    Menyebutkan aplikasi dari tekanan hidrostatis, hukum Pascal, dan hukum Archimedes dengan rasa percaya diri dan rasa ingin tahu yang tinggi
           
B.   Metode Pembelajaran
             1.                                                                                                     Tanya jawab (diskusi)
             2.                                                                                                     Penugasan
             3.                                                                                                     Ceramah
             4.                                                                                                     Demonstrasi

C.   Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal
                   Guru menanyakan, sebutkan macam-macam wujud zat ?
2.      Kegiatan inti
a.    Guru menjelaskan konsep fluida statik
b.    Siswa memperhatikan dengan rasa ingin tahu yang tinggi
c.    Guru memberikan informasi tentang tekanan, hal-hal yang berkaitan dengan pengaruh tekanan beserta akibatnya
d.   Guru menjelaskan persamaan tekanan hidrostatika
e.    Guru memberikan contoh soal tekanan dan menemukan jawabannya secara diskusi dengan siswa
f.     Guru menjelaskan persamaan hukum Pascal
g.    Guru memberikan contoh soal aplikasi hukum Pascal
h.    Siswa diminta menyelesaikan soal secara cermat dan benar, percaya diri, dan rasa ingin tahu
i.      Guru menjelaskan persamaan hukum Archimedes
j.      Guru memberikan contoh soal aplikasi hukum Archimedes
k.    Siswa diminta menyelesaikan soal secara cermat dan benar, percaya diri, dan rasa ingin tahu
l.      Guru memberikan latihan tentan fluida statik
3.      Kegiatan akhir
                 Guru bersama siswa membuat kesimpulan konsep fluida statik
D.   Sumber Belajar
Sumber   :Buku paket Fisika kelas XI dan LKS
Bahan     : lembar kerja
E.   Penilaian
·         Teknik : Tes tertulis dan pengamatan sikap
·         Bentuk : Pilihan ganda dan lembar pengamatan
·         Instrumen penilaian (terlampir)















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran                      : Fisika
Kelas/semester                       : XI/II
Pertemuan ke                                    : 6
Alokasi waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar kompetensi              : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi dasar                 : 2.2 Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :   1.  Memformulasikan hukum dasar fluida dinamik
2. Menerapkan hukum dasar fluida dinamik pada masalah kehidupan sehari-hari

A.   Tujuan Pembelajaran
            Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
                           1.     Menganalisis konsep fluida ideal secara cermat, tepat, dan benar
                           2.     Menentukan persamaan kontinuitas secara cermat dan benar
                           3.     Menerapkan persamaan kontinuitas secara cermat dan benar
                           4.     Menentukan persamaan hukum Bernoulli secara cermat, tepat, dan benar
                           5.     Menerapkan persamaan hukum Bernoulli secara cermat dan benar
                           6.     Menyebutkan aplikasi persamaan kontinuitas dan hukum Bernoulli dalam kehidupan sehari-hari secara tepat dan benar

B.   Metode Pembelajaran
            1.                                                      Tanya jawab (diskusi)
            2.                                                      Penugasan
            3.                                                      Ceramah

C.      Langkah-langkah Pembelajaran
             1.                                                     Kegiatan awal
   Guru menanyakan, mengapa pesawat terbang bisa mengudara ?
             2.     Kegiatan inti
a.     Guru menjelaskan persamaan kontinuitas
b.      Guru menginformasikan aplikasi persamaan kontinuitas
c.       Siswa memperhatikan dengan penuh perhatian dan rasa ingin tahu
d.      Guru memberikan contoh soal penerapan persamaan kontinuitas berikut penyelesaiannya
e.       Guru menjelaskan persamaan Bernoulli
f.       Guru menjelaskan aplikasi hukum Bernoulli tentang pesawat terbang
g.       Siswa diberikan kebebasan berpendapat untuk menyebutkan aplikasi hukum Bernoulli
h.       Guru menanggapi pendapat siswa dan memberikan pujian pada aspek-aspek yang sudah benar
i.         Guru memberikan contoh soal penerapan hukum Bernoulli
j.         Guru bersama siswa menyelesaikan soal secara diskusi kelas
             3.                                                     Kegiatan akhir
Guru bersama siswa membuat kesimpulan persamaan kontinuitas dan persamaan Bernoulli

D.   Sumber Belajar
Buku paket Fisika kelas XI dan LKS

E.  Penilaian
·         Teknik : Tes tertulis dan pengamatan sikap
·         Bentuk : Pilihan ganda dan lembar pengamatan
·         Instrumen penilaian (terlampir)





Mengetahui:


Tim Guru Fisika MAN 1 Pekanbaru :
1.  Alfianri,S.Pd                                                                                             2. Drs. Happy Trisman
3. Emha Delima, M.Pfis                                                                                         4. Tatik Haryanti, S.Pd
5. Khairul Munir, M.Pfis                                                                                                                                     

 
 

        Kepala Sekolah                                                                                                                                                                         
            


   Dra. Hj. Hayatirruh, M.Ed                                                                
NIP : 19680112 199303 2003                                                 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran                      : Fisika
Kelas/semester                       : XI/II
Pertemuan ke                                    : 7
Alokasi waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar kompetensi              : Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor
Kompetensi dasar                 : 3.1 mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik

Indikator :   2. Menerapkan persamaan umum gas ideal pada proses isotermik, isokhorik, dan  isobarik

A.   Tujuan Pembelajaran
            Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1.    Memahami persamaan umum gas ideal pada proses isotermik secara cermat dan benar
2.    Memahami persamaan umum gas ideal pada proses isokhorik secara cermat dan benar
3.    Memahami persamaan umum gas ideal pada proses isobarik secara cermat dan benar
4.    Menerapkan persamaan umum gas ideal dalam menyelesaikan soal secara teliti, cermat, dan benar
  
B.   Metode Pembelajaran
1.    Tanya jawab (diskusi)
2.    Penugasan
3.    Ceramah

C.   Langkah-langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan awal
   Guru menanyakan, mengapa semakin tinggi suhu dalam suatu wadah gerak partikel-partikel dalam wadah semakin cepat ?
2.    Kegiatan inti
a.    Guru menjelaskan persamaan isotermik
b.    Siswa memperhatikan dengan penuh perhatian dan rasa ingin tahap
c.    Guru memberikan contoh soal penerapan persamaan isotermik
d.   Siswa diminta menjawab soal secara mandiri atau kerja sama dengan teman sebangku, berdiskusi secara komunikatif dan saling menghargai pendapat satu sama lain
e.    Guru menjelaskan persamaan isokhorik
f.     Siswa memperhatikan dengan penuh perhatian dan rasa ingin tahap
g.    Guru memberikan contoh soal penerapan persamaan isokhorik
h.    Siswa diminta menjawab soal secara mandiri atau kerja sama dengan teman sebangku, berdiskusi secara komunikatif dan saling menghargai pendapat satu sama lain
i.      Guru menjelaskan persamaan isobarik
j.      Siswa memperhatikan dengan penuh perhatian dan rasa ingin tahap
k.    Guru memberikan contoh soal penerapan persamaan isokhorik
l.      Siswa diminta menjawab soal secara mandiri atau kerja sama dengan teman sebangku, berdiskusi secara komunikatif dan saling menghargai pendapat satu sama lain
m.  Guru memberikan latihan
3.    Kegiatan akhir
      Guru bersama siswa membuat kesimpulan persamaan isotermik, isokhorik, dan isobarik
D.   Sumber Belajar dan Alat
Sumber   :Buku paket Fisika kelas XI dan LKS
Bahan     : lembar kerja
E.   Penilaian
·        Teknik : Tes tertulis dan pengamatan sikap
·         Bentuk : Pilihan ganda dan lembar pengamatan
·         Instrumen penilaian (terlampir)












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran                      : Fisika
Kelas/semester                       : XI/II
Pertemuan ke                                    : 9
Alokasi waktu                        : 3 X 45 Menit
Standar kompetensi              : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi dasar                 : 3.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerepkan hukum termodinamika

Indikator :   1.  Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinmika
2.   Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)

A.   Tujuan Pembelajaran
            Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1.    Menganalisis konsep usaha dalam termodinamika secara cermat dan benar
2.    Menganalisis konsep kalor secara cermat dan benar
3.    Menganalisis konsep energi dalam secara cermat dan benar
4.    Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik secara teliti, cermat dan benar
5.    Menyelesaikan persoalan dengan menerapkan persamaan usaha, kalor, dan energi dalam secara cermat dan benar

B.   Metode Pembelajaran
1.      Tanya jawab (diskusi)
2.      Penugasan
3.      Ceramah

C.   Langkah-langkah Pembelajaran
                  1.                                                   Kegiatan awal
      Guru menanyakan konsep energi dan kalor
2. Kegiatan inti
a.    Guru menjelaskan pengertian usaha dalam termodinamika
b.    Guru menanyakan kepada siswa perbedaan usaha dalam termodinamika dengan usaha dalam kehidupan sehari-hari
c.    Guru memberikan kebebasan berpendapat kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang diajukan guru
d.   Siswa menjawab dengan penuh rasa percaya diri dan rasa ingin tahu
e.    Guru memberikan jawaban sebenarnya
f.     Guru menjelaskan persamaan usaha dalam termodinamika
g.    Guru memberikan contoh soal tentang usaha dalam termodinamika serta penyelesaiannya
h.    Guru menjelaskanpengertian kalor dan persamaan kalor
i.      Siswa memperhatikan dengan penuh perhatian dan rasa ingin tahu
j.      Guru memberikan soal tentang kalor
k.    Siswa diminta menjawab secara mandiri
l.      Guru menjelaskan persamaan energi dalam
m.  Guru memberikan contoh soal serta penyelesaiannya
n.    Guru memberikan latihan
3. Kegiatan akhir
       Guru bersama siswa membuat kesimpulan konsep energi, usaha, dan kalor dalam proses termodinamika

D.   Sumber Belajar dan Alat
Sumber   :Buku paket Fisika kelas XI dan LKS
Bahan     : lembar kerja

E.   Penilaian
·         Teknik : Tes tertulis dan pengamatan sikap
·         Bentuk : Pilihan ganda dan lembar pengamatan
·         Instrumen penilaian (terlampir)














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran                      : Fisika
Kelas/semester                       : XI/II
Pertemuan ke                                    : 10
Alokasi waktu                        : 3 X 45 Menit
Standar kompetensi              : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi dasar                 : 3.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika
Indikator :  1.  Mendeskripsikan prinsip kerja mesin carnot

A.   Tujuan Pembelajaran
            Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1.    Memahami prinsip kerja mesin Carnot secara yakin dan benar
2.    Menganalisis persamaan efisiensi pada mesin Carnot secara cermat dan benar
3.    Menerapkan persamaan mesin Carnot dalam menyelesaikan soal secara teliti, cermat, dan benar

B.  Metode Pembelajaran
1.      Tanya jawab (diskusi)
2.      Penugasan
3.      Ceramah
C.  Langkah-langkah Pembelajaran
             1.                                                     Kegiatan awal
 Guru menerangkan kembali konsep hukum I termodinamika
2.  Kegiatan inti
a.       Guru menjelaskan prinsip kerja mesin carnot
b.      Guru menanyakan prinsip kerja mesin Carnot kembali kepada siswa, siswa diberikan kebebasan berpendapat, dan siswa diminta menjawab secara mandiri
c.       Guru menjelaskan pengertian efisiensi
d.      Guru menjelaskan persamaan efisiensi pada mesin Carnot
e.       Siswa memperhatikan dengan penuh perhatian dan rasa ingin tahu
f.       Guru memberikan contoh soal penerapan persamaan pada mesin Carnot
g.      Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan soal secara klasikal
h.      Guru memberikan latihan tentang mesin Carnot
i.        Guru mengoreksi kerja siswa dan memberikan bimbingan pada aspek-aspek yang belum benar
3.  Kegiatan akhir
      Guru bersama siswa membuat kesimpulan prinsip kerja mesin carnot

F.       Sumber Belajar dan Alat
Sumber   :Buku paket Fisika kelas XI dan LKS
Bahan     : lembar kerja

G.  Penilaian
·         Teknik : Tes tertulis dan pengamatan sikap
·         Bentuk : Pilihan ganda dan lembar pengamatan
·         Instrumen penilaian (terlampir)





Mengetahui:


Tim Guru Fisika MAN 1 Pekanbaru :
1.  Alfianri,S.Pd                                                                                             2. Drs. Happy Trisman
3. Emha Delima, M.Pfis                                                                                         4. Tatik Haryanti, S.Pd
5. Khairul Munir, M.Pfis                                                                                                                                     

 
 

        Kepala Sekolah                                                                                                                                                                         
            


   Dra. Hj. Hayatirruh, M.Ed                                                                
NIP : 19680112 199303 2003                                                 



0 komentar:

Posting Komentar