RPP semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MAN 1 PEKANBARU
Kelas / Semester : X( Sepuluh) / Semester 2
Mata Pelajaran : Fisika
Materi Pokok : Alat-alat optik
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik.
Kompetensi Dasar :
1. Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif.
2. Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
1. Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan lensa.
2. Membedakan kelainan pada mata (cacat mata).
3. Menentukan kekuatan lensa pada penderita miopi dan hipermetropi.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. Mengetahui bagian-bagian mata dengan yakin dan benar
2. Mengetahui fungsi bagian-bagian mata dengan yakin dan benar
3. Membedakan kelainan pada mata secara teliti dan benar
4. Mengetahui alat untuk menanggulangi cacat mata secara yakin dan benar
5. Dapat menentukan kekuatan lensa untuk penderita miopi dan hipermetropi secara cermat, teliti, dan benar.
B. Materi Pembelajaran
Alat-alat optik.
C. Strategi Pembelajaran
1. Model : Pembelajaran Langsung (Direct Intructional)
2. Metode : Diskusi, informasi, tanya jawab
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan ( ± 10 menit )
a. Prasyarat Pengetahuan :
Apa yang dimaksud dengan lensa ?
Motivasi : Meminta salah satu siswa menceritakan pengalamannya tentang “lampu padam” di malam hari ketika siswa sedang belajar. Menanyakan pada siswa apakah mereka dapat melihat benda-benda di sekitarnya? Apa yang harus dilakukan supaya benda-benda tersebut dapat terlihat kembali ?
b. Pada papan tulis, guru menuliskan alat-alat optik.
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
2. Kegiatan Inti ( ± 75 menit )
a. Guru menyajikan informasi tentang mata sebagai alat optik beserta bagian-bagian mata melalui media pembelajaran (slide). Peserta didik menyimak dengan penuh perhatian dan penuh akan rasa ingin tahu tentang materi yang dipelajari
b. Guru menjelaskan fungsi dari bagian-bagian mata melalui media pembelajaran. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan fungsi dari bagian mata dengan yakin dan benar.
c. Guru menjelaskan gangguan penglihatan yang terjadi pada mata.
d. Guru menjelaskan persamaan kekuatan lensa pada penderita miopi dan hipermetropi.
e. Guru menyajikan informasi tentang cara menanggulangi cacat mata.
f. Guru memberikan contoh soal miopi atau hipermetropi beserta penyelesaiannya.
g. Guru memberikan soal latihan miopi dan hipermetropi. Peserta didik mengerjakannya dengan kerja keras sendiri (mandiri) dan dengan penuh rasa tanggung jawab.
h. Guru memberikan bimbingan kepada peserta didik yang kesulitan mengerjakan soal dan memberikan pujian pada aspek-aspek yang sudah benar.
i. Guru bersama peserta didik menyelesaikan soal latihan.
3. Kegiatan Penutup ( ± 5 menit )
a. Peserta didik (dibimbing oleh guru) menyimpulkan materi yang di pelajari.
b. Guru memberikan tugas rumah tentang alat-alat optik.
E. Sumber Belajar / Alat dan Bahan
1. Istiyono, Edi. 2006. Fisika SMA Kelas X. Jakarta : Intan Pariwara.
2. Kanginan, Marthen. 2006. IPA Fisika SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga.
3. Taranggono, Agus. 1999. Fisika 1a. Jakarta : Bumi Aksara.
F. Evaluasi
· Teknik : Tes tertulis dan pengamatan sikap ilmiah
· Bentuk Tes : Pilihan ganda dan lembar pengamatan
· Instrumen penilaian (terlampir)
Tim Guru Fisika MAN 1 Pekanbaru :
1. Alfianri,S.Pd 2. Drs. Happy Trisman
3. Emha Delima, M.Pfis 4. Tatik Haryanti, S.Pd
5. Khairul Munir, M.Pfis
Mengetahui:
Kepala Sekolah
Dra. Hj. Hayatirruh, M.Ed
NIP : 19680112 199303 2003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MAN 1 PEKANBARU
Kelas / Semester : X( Sepuluh) / Semester 2
Mata Pelajaran : Fisika
Materi Pokok : Alat-alat optik
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik.
Kompetensi Dasar :
1. Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif.
2. Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
1. Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik.
2. Menentukan perbesaran angular pada alat optik.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. Mengetahui manfaat lup sebagai alat optik.
2. Menghitung perbesaran angular pada lup secara cermat dan benar
3. Mengetahui manfaat mikroskop sebagai alat optik.
4. Menghitung perbesaran pada mikroskop secara teliti, cermat, dan benar
5. Menghitung panjang mikroskop teliti, cermat, dan benar.
B. Materi Pembelajaran
Alat-alat optik.
C. Strategi Pembelajaran
1. Model : Pembelajaran Langsung(Direct Intructional)
2. Metode : Diskusi, informasi, tanya jawab
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan ( ± 10 menit )
a. Prasyarat Pengetahuan :
Mengapa kita bisa melihat suatu benda dengan jelas ?
Motivasi : Bagaimanakah seorang tukang arloji memperbaiki arloji yang rusak? Bagaimana ia mengamati onderdil-onderdil arloji yang kecil-kecil?
b. Pada papan tulis, guru menuliskan Alat-alat optik.
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
2. Kegiatan Inti ( ± 75 menit )
a. Guru menyajikan informasi tentang lup sebagai alat optik serta fungsinya melalui media pembelajaran (slide). Peserta didik menyimak materi pelajaran dengan penuh perhatian,
b. Guru menjelaskan perbesaran angular pada lup.
c. Guru memberikan contoh soal tentang lup serta penyelesaiannya.
d. Guru memberikan soal latihan tentang lup dan meminta peserta didik membuat penyelesaianya secara mandiri, cermat, dan benar
e. Guru menyajikan informasi tentang mikroskop sebagai alat optik serta fungsinya melalui media pembelajaran (slide). Peserta didik menyimak materi pelajaran dengan penuh perhatian,
f. Guru menjelaskan persamaan perbesaran angular pada mikroskop.
g. Guru menjelaskan persamaan panjang mikroskop.
h. Guru memberikan contoh soal tentang mikroskop serta penyelesaiannya.
i. Guru memberikan soal latihan mikroskop dam meminta peserta didik membuat penyelesaiannya secara mandiri.
3. Kegiatan Penutup ( ± 5 menit )
1. Peserta didik (dibimbing oleh guru) menyimpulkan materi yang di pelajari.
2. Guru memberikan tugas rumah tentang lup atau mikroskop.
E. Sumber Belajar / Alat dan Bahan
1. Istiyono, Edi. 2006. Fisika SMA Kelas X. Jakarta : Intan Pariwara.
2. Kanginan, Marthen. 2006. IPA Fisika SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga.
3. Taranggono, Agus. 1999. Fisika 1a. Jakarta : Bumi Aksara.
F. Evaluasi
· Teknik : Tes tertulis dan pengamatan sikap ilmiah
· Bentuk Tes : Pilihan ganda dan lembar pengamatan
· Instrumen penilaian (terlampir)
Mengetahui:
Tim Guru Fisika MAN 1 Pekanbaru :
1. Alfianri,S.Pd 2. Drs. Happy Trisman
3. Emha Delima, M.Pfis 4. Tatik Haryanti, S.Pd
5. Khairul Munir, M.Pfis
Kepala Sekolah
Dra. Hj. Hayatirruh, M.Ed
NIP : 19680112 199303 2003
0 komentar:
Posting Komentar